Call us now: (6221) 75811188, (6221) 0217668788

Selamat Hari Kartini


Hari ini, Senin, 21 April 2016 diperingati Hari Kartini di Tanah Air. Hari Kartini disebut juga hari emansipasi perempuan di Indonesia, karena menjadi catatan sejarah atas ke­bangkitan semangat perempuan Indonesia mem­perjuangkan nasib bangsa ini dan juga nasib kaumnya agar bisa sejajar dengan kaum pria. Siapa Kartini? Kartini memiliki nama asli Raden Adjeng Kartini (1879–1904) yang berasal dari Jawa Tengah.

Kartini dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional 2 Mei 1964 oleh Presiden Soekarno. Dia adalah pelopor kebangkitan perempuan karena pikiran dan pandangannya mengenai emansipasi wanita, khususnya hak berpen­didikan serta hak memperoleh kebebasan dan persamaan hukum bagi kaum perempuan.



Pikiran dan pandangannya itu ditulis dalam surat kepada teman-temannya di Eropa. Surat-suratnya itu kemudian dikumpul, dibukukanan, dan diterbitkan dengan judul Door Duisternis tot Licht di Belanda pada tahun 1911. Buku itu kemudian diterjemahkan ke Bahasa Melayu dan diterbitkan di Hindia Belanda dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang pada tahun 1922.

Namun Indonesia tidak hanya punya Kartini saja, tapi juga banyak pahlawan nasional Indonesia perempuan lainnya. Mereka adalah; pertama, Tjoet Nja’ Dhien (1848–1908) asal Aceh. Dia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 2 Mei 1964 oleh Presiden Soekarno. Bersama suaminya, Teuku Umar, dia ikut memimpin perang melawan pasukan Belanda sejak tahun 1880. Dia berperang melawan Belanda. Tjoet Nja’ Dhien ditangkap dan diasingkan ke Sumedang hingga wafat. ‪#‎HariKartini‬ ‪#‎Kartini‬

Dalam rangka memperingati perjuangan Hari Kartini, Char & Coll Gifts memberikan untuk seluruh Kartini Indonesia diskon 10% setiap pembelanjaan di webiste Tokopersonalisasi.com !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *